Get Adobe Flash player

Visi & Misi

VISI DAN MISI DPPKAD

Dalam sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Rencana Strategis diperlukan untuk mengarahkan organisasi kearah yang akan dituju dan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu memerlukan keterpaduan antara keahlian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, agar mampu menjawab tuntutan perkembangan strategis baik di daerah maupun nasional.

Berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis No. 3 Tahun 2009 tentang RPJMD Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun 2004-2014 dan kewenangan, tugas pokok serta fungsi maka Rencana Strategis Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis :

3.1  Visi

Untuk menjamin terselenggaranya manajemen pemerintahan yang efisien dan efektif menuju terwujudnya Kepemerintahan Yang Baik diperlukan adanya Pengelolaan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset yang andal melalui sistem Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan serta didukung sumber daya  manusia yang handal.

Sejalan dengan perubahan paradigma dalam manajemen pemerintahan maka Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dituntut melakukan pembaharuan dalam kinerja melalui Pengelolaan Keuangan yang lebih profesional, tanggap dan responsif terhadap permasalahan yang terjadi  pada penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Bertitik tolak dari kondisi di atas, visi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis dituangkan dalam rumusan sebagai berikut : “Terwujudnya Pengelolaan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Yang Optimal Tahun 2014″. Pernyataan visi tersebut mengandung makna bahwa untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik di Kabupaten Ciamis perlu adanya sistem pendapatan, pengelolaan keuangan dan Aset yang andal, karena bagian integral dari manajemen pemerintahan.

Rumusan visi di atas, terlahir sebagai gambaran bersama tentang rentang waktu ke depan, komitmen murni tanpa paksaan, milik dan aspirasi bersama serta cita-cita seluruh anggota Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis atas pertimbangan sebagai berikut :

“Sejahtera Tahun 2014″, dalam pencapaiannya mutlak harus didukung oleh Dinas/ Badan/ Lembaga/ Kantor yang terdepan sesuai dengan tugas,

pokok dan fungsi, diharapkan secara sinergis visi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah akan mendukung visi Kabupaten tersebut :

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi pembangunan daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2009-2014 ditetapkan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman agama sesuai dengan tuntunan Allah  dan Utusan-Nya.
  2. Meningkatkan sumber daya yang berakhlak mulia, amanah, produktif dan berdaya saing.
  3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah.
  4. Mewujudkan perekonomian daerah dan masyarakat yang tangguh dan berdaya saing berbasis potensi unggulan local.
  5. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan desa.
  6. Meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup guna mendukung pembangunan berkelanjutan.
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah dan perdesaan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah Kabupaten Ciamis terpanggil untuk mendorong terwujudnya akuntabilitas administrasi Pengelolaan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Aset Daerah yang terwujudnya dalam pelaksanaan APBD, melalui Dinas/ Badan/ Lembaga/ Kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis, karena akuntabilitas pengelolaan pendapatan, laporan keeungan, dan aset daerah sebagai salah satu factor tercapainya kepemerintahan yang baik, yang harus di implementasikan dalam tatanan manajemen pemerintah.

Makna Visi

  1. Terwujud; Merupakan keadaan tertentu yang ingin dicapai melalui proses kerja sama dalam satu lingkungan organisasi.
  2. Pengelolaan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah;
  3. Pengelolaa Pendapatan adalah pengelolaan administrasi, program kerja dan petunjuk teknis dibidang pendapatan, koordinasi dan kerjasama dengan instansi lain, pengelolaan keuangan dan informasi, pengawasan, pengendalian, dan pelaporan. Pengelolaan pengkoordinasian penyusunan dan perbuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), peningkatan dan pengembangan keuangan daerah serta menyelenggarakan penatausahaan dan pertanggungjawaban Keuangan Daerah.
  4. Pengelolaan Aset Daerah adalah penetapan kebijakan pengelolaaan investasi dan kekayaan daerah, pedoman dan petunjuk teknis pemeliharaan, penggunaan dan pemanfaatan kekayaan daerah, menyelenggarakan pendataan dan investarisasi kekayaan daerah serta fasilitasi pengelolaan kekayaan daerah.
  5. Optimal.Bermakna bahwa seluruh potensi sumber daya yang ada dalam organisasi meningkat secara simultan dan terus menerus, selalu menjadi yang terbaik dan tertinggi.

3.2 M I S I

Untuk mewujudkan visi bagaimana tersebut di atas, maka misi yang diemban Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis adalah :

  1. Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Pengelola Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah;
  2. Meningkatkan koordinasi dalam bidang Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah;
  3. Meningkatkan intensifikasi dan ekstesinfikasi pengelolaan pendapatan daerah;
  4. Meningkatkan tata kelola dan pengembangan system keuangan daerah;
  5. Meningkatkan pengelolaan aser daerah.

Makna Misi

  1. Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Pengelola Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.Bahwa meningkatnnya kemampuan aparatur dalam Pengelolaan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah akan menetukan keberhasilan dalam mewujudkan optimalisasi administrasi Keuangan Daerah dan membantu terselenggaranya kepemerintahan Yang baik dengan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Meningkatkan koordinasi dalam bidang Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.Bahwa dalam pelaksanaan di bidang Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, terdapat dua bagian besar satuan kerja yaitu Satuan Kerja Pengelola APBD dan Satuan Kerja Pengguna APBD dimana dalam proses keseluruhannya memerlukan suatu tingkat koordinasi yang optimal selaras serta berkesinambungan dengan memperhatikan berbagai informasi dari Pemerintah maupun Pemerintah Propinsi serta elemen masyarakat secara keseluruhan.Meningkatkan Intensifikasi dan Ektensifikasi Pengelolaan Pendapatan Daerah. Bahwa Pendapatan Asli Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat potensial. Untuk mendukung dan lancarnya pembangunan di Kabupaten Ciamis, maka perlu terus diupayakan peningkatan Pendapatan asli daerah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi serta pengembangan system yang ada dan peningkatan kesadaran masyarakat dalam pembayaran kewajibannya.
  3. Meningkatkan tata kelola dan pengembangan sistem keuangan daerah.Pelaksanaan administrasi keuangan daerah harus berpedoman pada prinsip 3E yaitu Efektif, Efisien dan Ekonomis. Penatausahaan Keuangan Daerah meliputi proses perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dan pertanggungjawabannya. Untuk mendukung pelaksanaan prinsip tersebut dan seiring dengan perkembangan teknologi yang demikian cepat maka pengembangan dan peningkatan kemampuan keuangan daerah merupakan hal penting yang harus di implementasikan melalui system pengelolaan keuangan. Dengan dilaksanakannya hal tersebut diatas diharapkan dapat menjamin transparasi dan akuntabilitas penyelenggaraan keuangan daerah.
  4. Meningkatkan pengelolaan Aset Milik Daerah.Meningkatkan tertib administrasi di seluruh SKPD dalam upaya penertiban barang daerah dan investarisasi Aset Daerah yang merupakan investasi pemerintah daerah dalam mendukung otonomi daerah yang mandiri.